jump to navigation

Mengatasi Komputer Hang/Macet December 30, 2009

Posted by shafabintiholik in Tips Komputer.
trackback

Untuk menjadi tukang service komputer peralatan yang dibutuhkan sangatlah sedikit :

1. Obeng +

2. CD Software

Baik langsung saja menuju ke pokok masalah.

Deskripsi kerusakan komputer :

Pada saat komputer dinyalakan pertama kali lancar, tapi beberapa menit kemudian sekitar 30 menitan komputer menjadi lambat dan kemudian komputer menjadi hang atau macet total, nggak bisa diapa-apain. Kemudian kalo komputer dimatikan dan didiamkan agak lama komputer bisa nyala lagi dan hang lagi.

Langkah perbaikan :

1. Buka tutup casing komputer.

2. Ciri kerusakan diatas yaitu komputer hang setelah nyala beberapa menit mengindikasikan bahwa ada komponen komputer yang mengalami panas yang berlebihan.

Panas berlebih (overheat) ini penyebabnya adalah :

– Matinya / macetnya kipas / fan pendingin processor (Fan Heatsink Mati / Macet)

– Fan Pendingin Processor masih berputar tapi RPMnya sudah berkurang (Fan berputar lebih lambat)

– VGA rusak juga bisa menyebabkan Hang.

– Power Supply Drop juga bisa menyebabkan hang.

3. Berikutnya coba cek dan ternyata Fan Pendingin Processor berputar tapi lambat banget, dan inilah yang menyebabkan overheat processor / processor panasnya berlebih dan akhirnya hang.

4. Akhirnya ganti Fan Processor yang rusak itu, atau kalau anda pengin lebih ngirit coba Fan / kipas dikasih oli dulu, barangkali bisa normal kembali putarannya.

Demikian sedikit tentang melakukan service komputer hang, jadi jangan buru2x memformat dan menginsatll ulang windowsnya, karena nggak semua hang disebabkan oleh windows rusak.

Selamat mencoba.

Comments»

1. gilangmanyun - April 19, 2010

blognya bagus mas,.makasih y ats informasinya,.jadi makin banyak tau nih
http://gilangmanyun.wordpress.com

2. Kumpulan Ebook Panduan GRATIS - October 11, 2010

Makasih atas info..
Kunjungi website http://www.pemburugratis.co.cc
ada banyak buku panduang lengkap


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: