jump to navigation

Fungsi Pendingin Untuk CPU May 3, 2010

Posted by shafabintiholik in Tips Komputer.
Tags:
trackback

Kipas Sebagai Pendingin CPU

Saat anda menyalakan komputer dan menggunakannya untuk beberapa waktu lamanya, maka komputer tersebut akan menimbulkan panas pada beberapa bagian komponennya. Untuk mendinginkan komponen tersebut serta untuk menghindari panas yang berlebih maka digunakan kipas dalam komputer. Komponen pendingin yang utama dalam komputer adalah kipas pendingin pada CPU (Prosesor). Jika panas yang dihasilkan tidak dapat diatasi maka dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada beberapa komponen komputer. Meskipun komputer telah dirancang sedemikian rupa, namun kipas pendingin tetaplah diperlukan untuk menangkis panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen komputer.

Umumnya pada bagian procesor sudah terpasang kipas, tetapi sebenarnya ada beberapa alat lain yang harus tetap “dingin” agar performa kerja komputer tetap kenceng dan membuat alat/hardware menjadi tidak mudah rusak, (misal ram), oleh karena itu sebaiknya pada cpu digunakan minimal 2 kipas.

memang menggunakan kipas akan menyedot listrik lebih besar, oleh karena itu pemilihan power suplly dan casing cpu sangat penting, jangan asal murah lalu dibeli. Dalam menggunakan casing pertimbangkan juga sirkulasi udara yang dapat diatur oleh casing tersebut, jangan sampai karena beda harga sedikitmenjadikan  hadware lain yang lebih mahal jadi cepat rusak.

(abdul holik)


About these ads

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: